Wednesday, July 5, 2017

Menuju Sertifikat Screening (IAIN SURAKARTA'16)



Oleh Retma Ayu Ningtyas
Halo guys

Selamat datang di kampus pergerakan IAIN SURAKARTA!

HIDUP MAHASISWA!

Di tulisan kali ini aku mau cerita masalah screening. Mungkin temen temen maba masih banyak yang bertanya Tanya, apa sih screening itu ? Kenapa sih harus ada screening? Prosedurnya gimana? Bentuk screening itu kek gimana apa kita dikasih arahan tentang sesuatu atau kita dengerin ceramah atau kek gimana? Dan masih banyak lainnya. Aku disini cuma mau share pengalaman pribadi aku tentang screening dan opiniku mengenai salah satu tahapan PBAK ini ya. 

Namaku Retma Ayu Ningtyas dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris semester II otw semester III. Dulu pertama kali dapet berita screening itu lewat pengumuman website. Dimana semua mahasiswa/I FITK wajib mengikuti screening di kampus IAIN Surakarta. Gileee itu tulisan wajibnya ampe di bold -_-.

Aku juga keterima di IAIN Ska itu tanpa ada siapapun disana, sodara enggak ada, temen apalagi, orang tua juga masih stay cool di Lampung Province. Jadi, setelah dapet berita screening itu aku langsung lari dari kamar menuju Marwah eeh salah maksudnya menuju ruang keluarga dimana ibuku sedang bersantai ria disana. 

“Mak, ono acara screening neng kampus awal agustus sesok ki..”

Emak ku seketika kaget gitu, melotot dan berkata 

“Laah, jaremu mulaine kuliah iseh September mengko? Dadi sesok mangkat neng Jowo iki?”

Yaa antara seneng atau sedih yaa, aku kudu berangkat ke jawa. Karena setelah aku kontak kenalanku itu lewat facebook, aku dapet kabar kalau screening itu tidak boleh diwakilkan alias harus tatap muka pribadi! Dan sertifikatnya itu tu penting banget untuk mengambil fasilitas OPAK(Orientaasi Pengenalan Akademi Kampus). Yaa, dengan berat hati aku langsung ngomong sama emak. 

“Youwes mak, aku tak neng Jowo ae. Kan iki acara iseh minggu depan (tanggal 2 agustus kalo enggak salah) saiki iseh dino rebu, aku tak mangkat dino jumat ae ya.”

Berita screening itu bisa dikategorikan berita dadakan banget yassalam! Aku pribadi belum persiapan apapun untuk pergi ke Solo! 

Dengan nada sedikit agak rendah emakku menyahut 

“Youwes, seng penteng ati ati neng Solo, nek iso sekalian golek kos kosan neng kono. Mengko medun gone bi Yanti yo neng UNS” For the information, Bi Yanti itu adik bapaku yang sedang mengejar gelar Doctornya di UNS –oke abaikan. 

Siaaapp 45! Aku menjawab dengan semangat menggebu gebu. Hahaha. Yakaliii ini adalah kali kedua ku pergi ke pulang Jawa seorang diri. Sebelumnya aku juga udah pernah ke kampus pas daftar ulang SPAN PTKIN itu, dan diantar oleh pakdeku. Entahlah, sekarang pakdeku itu juga kemana. Jadi, harapan satu satunya ada di bibiku Bi Yanti tadi.

(SKIP PERJALANNNYA) –akan diceritakan dalam episode lain :D

Oke, setelah berkeliling Solo selama dua hari dan menginap di kosan Bibiku sekitar UNS, aku memberanikan diri untuk pergi sendiri ke Kartasura dengan informasi seadanya. Jadi, waktu itu masih pagi banget sekitar jam 6 an, dan screening itu dilakukan jam 8 pagi. Perbedaan waktu antara Lampung dan Jawa membuatku masih belum bisa terbiasa. Kalau di Lampung jam 6 pagi itu masih setengah redup kek jam 5 gitu, kalo di Solo jam 6 pagi udah kayak jam 7 an gitu. Jadi agak kaget enggak jelas gitu. Naah aku dikandani sama bibikku, kalau aku turun di pasar Kertasura. Harusnya aku diantar bibikku, tapi karena bibikku waktu itu ada acara sama profesornya jadi aku harus datang ke kampus seorang diri. 

Aku menyetop bus arah pasar Kartasura dengan ditemani bibikku. Setelah aku masuk bis, aku Cuma plonga plongo enggak jelas dan diam diam berdoa dalam hati semoga dalam bis enggak ada kejadian apa-apa. FYI itu pertama kali aku naik bis angkutan umum. Yaah, di dalem bis itu banyak jenis manusianya. Ada nenek nenek yang bawa keranjang, ada anak sekolah yang pake rok panjang, ada cowok yang mata keranjang *abaikan. Jadi, aku memilih duduk di bangku tengah gitu, di pinggir lebih tepatnya. Agak ribet, karena waktu itu juga aku harus bawa koper yaa walaupun gedenya kagak sampe ngalahin gajah hamil tapi agak ribet juga kan, ditambah tas ransel yang isinya laptop dan tetek bengeknya.

Setelah memakan waktu hampir satu jam, aku dalam hati masih deg deg an karena takut terlambat screening kan ya. Apa kata dunia jika nanti aku terlambat, kan aku mau bikin first good impression gitu. Sampai akhirnya kita berhenti pada satu titik kejadian. Naaah waktu itu bisnya tu mau belok kanan kan guys, naah ada mbak mbak yang bilang sama kang kernetnya 

“Pak ini mau ke terminal to?” dia tanyanya gitu. 

Dalam hati aku teriak 

What?? Mau ke terminal? Anju, kalo aku nyasar ora sido screening malah ilang aku mengkooo..”

terus bapaknya nyahut “Iya dek. Kamu mau ke STAIN yaa, berhenti disini aja ya.” Katanya kek begitu.

What what whaat mbak tadi juga anak IAIN?

Nahh aku reflex langsung ngikutin mbak tadi keluar dari bis. Naah sambil ngeret ngeret koper gitu di tengah keramaian pasar, (karena waktu itu berhentinya di pasar Kertosuro) aku manggil mbak tadi.

“Mbak, mbak wait.”

Aku lari kenceng nyamain langkah mbaknya yang naujuvileh terlalu cepet wkwkwk.

“Njenengan mahasiswi IAIN to?” aku Tanya gitu sama mbaknya. 

Mbaknya jawab iya sambil kek kalem kalem gitu mana suaranya lirih lagi yak. Kapasitas pendengaranku yang pas pasan ini juga kan agak kagak denger, terus aku nanya lagi. 

“Njenengan mahasiswi IAIN mbak?” sambil setengah tereak gitu.

“Iya dek..” kali ini aku denger jawabannya.

Dalam hati, alhamdulilaaahhh akhirnya nemu orang baik cem mbaknya yang ternyata satu kampus juga. Coba aja kalau di bis tadi aku sendirian kgak ketemu mbaknya, kali aja udah ilang itu mah
Mbaknya itu masih nglanjutin jalan dengan aku di belakangnya –masih dengan- ngeret ngeret koper tadi.

“Mbak, ini IAIN masih jauh ya?” aku Tanya gitu sama mbaknya.

Walaupun aku udah pernah ke kampus sebelumnya, bukan berarti aku langsung inget rute jalannya kan? Sumpah, baru sekali aku terhitung ke kampus IAIN. Dua kalinya ke kampus, suruh kesana sendirian. Mana inget haha… mbaknya ngangguk gitu. Terus ada bapak tukang becak lahh itu nyamperin aku, sambil nanya

“Dek mau kemana?” aku mbatin, aduuh bapaknya perhatian amat yak nanyain kemana segala sambil mesam masem enggk jelas. 
 
“Kampus pak..” jawabku. 

Naah bapaknya itu langsung ngambil becaknya yang terparkir di samping jalan raya. 

“Naik becak aja dek, kampusnya juga masih agak jauh.” Ucapnya lagi. 

Yaudah, akhirnya aku naik becak itu meninggalkan mbak mbak penolongku tadi sendirian jalan kaki. Sebelumnya aku ngucapin terima kasih yang sebanyak banyaknya sama mbak itu yaa, dan sempet Tanya juga nama, jurusan, dan semesternya tapi sekarang lupa (jangan ditiru). Buat kamu siapapun kakak yang pernah bantuin aku, entah anda tahu atau tidak aku ngucapin “Yu Da Real MVP”

Naah, dengan berbekal alamat kos yang sehari sebelumnya udah aku survey sama bibikku itu, aku mau dating ke kos itu pertama narok barang bawaanku ini ya. Yang aku suka dari orang Jawa itu, mereka ramah ramah, baik hati dan murah senyum pada orang baru. Mungkin ini juga yang jadi alasan kenapa dulu Indonesia dijajah lama bangett sama orang kulit putih, salah satu alasannya adalah mereka (orang Indonesia) mudah sekali menerima orang baru tanpa mempertimbangkan latar belakang geografis atau sejarahnya. Waawwww.. oke aku langsung kasih alamat kos yang aku bawa sama bapak tukang becaknya

“Mbak iki neng di ya? Kulo mboten ngertos nggeh. SDN 1 ki pundi..” katanya kek begitu. 

Yaa aku emang enggak begitu bisa bahasa jawa halus, tapi aku paham maksudnya. Entahlah, kubalas dengan bahasa jawa ngoko. 

“Kayane cedak mriki pakde. Coba mengko takon uwong uwong pakde.” 

Yaah, padahal bahasa ini jelas jelas tidak sopan jika kamu berbicara pada orang yang lebih tua. Tapi alhamdulilah pakdenya paham dan dia membalas ucapanku dengan bahasa ngoko juga hahaha…

Kami mencari alamat kos tadi sampe kurang lebih setengah jam. Aku sebenernya kasian sama pakdenya itu, udah ngontel sepeda, dengan bebanku, koper dan dia itu pasti capek banget. Tapi sekasiannya aku sama dia, yaaa aku kagak mau kalo gantiin dia ngontel. Aku akhirnya diajaak muter muter itu sama pakdenya. Terus kita berhenti di PPG (Pendidikan Profesi Guru) naah deket sana. Kan waktu itu aku enggak paham yaa, ini gedung gedung apaan pikirku. Pakdenya bilang lagi 

“Ini kertosuro kampusnya mbak. Njenengan inget jalan ini?” aku geleng-geleng enggak paham. Naah pakdenya mengerti aku, aku langsung diajak muter laggi.. 

Dan

Boooommm

Aku diajak lewat DEPAN KAMPUS UTAMA JALAN RAYA! Aku nutup muka anju pikirku. Buanyaak banget mahasiswa mahasiswi disana. Lalu lalang depan kampus. Yaudah, keep calm pikirku. Emang mereka kenal aku? Kagak ka? Jadi.. abaikan -__-. Aku mah gitu. 

Naah sekarang aku mulai inget jalan yang pernah tak lewati sama bibikku kemarin kan. Aku bilang kalo kosannya enggak jauh dari sini gitu. Terus sampe akhirnya, aku berhenti di kosku itu. waktu menunjukkan pukul setengah 8. Huffhh perjalanan yang panjang. Setelah mengucapkan beribuu ucapan terima kasih sama pakdenya yang udah nganterin aku ke kos, aku gedor gedor gerbang itu. tak lama kemudian ibu kosnya keluar mbukain gerbang, dan aku bisa masuk ke dalem kos itu untuk kedua kalinya.

Naah di kosan itu ada 5 kamar kosong. Keempatnya sudah ada yang membooking, dan tinggal tersisa satu kamar kosong dan itu buat aku tempati. Di samping kamarku yang sekarang (nanti akan di publish jika saatnya tiba “Mencari Kost”) ada satu ibu dan satu anak. Setelah perkenalan sama mereka, aku tahu kalau ternyata mereka dari Indramayu. Anak perempuannya namanya Aisah yang sekarang duduk di fakultas Syariah jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Ibunya nemenin dia, karena ternyata dia anak tunggal dan ibunya belum tega ninggalin dia sendirian di Solo. Apa kabarrr guaaaa yang sendirian datang dari Lampung ke Solo untuk mencari kitab suciii?

Oke, setelah meletakkan semua barang barang yang tak bawa dan membersihkan kamar untuk pertama kali apa adanya, aku langsung berangkat ke kampus untuk screening tadi. Wajar kan yaa masih maba jadi agak malu malu gitu datang ke kampus sendirian, alhasil aku minta ditemenin Aisah tadi sampe depan pintu gerbang utama. Okee, pintu gerbang dimana tadi beberapa menit sebelumnya aku lihat disana banyak sekali maba berkumpul untuk screening dan lalu lalang. Aku udah berterima kasih banget sama Aisah yang udah nganterin aku ke kampus di pagi hari. Cuacanya ceraah banget, saking cerahnya bikin panas hahaha

Aku berjalan santae menuju gedung Fakultas Syariah setelah sebelumnya juga Tanya ke mbak mbak yang lalu lalang gitu. Naah aku udah enggak kaget kalau disana udah buaanyak banget maba yang kumpul kan yaa. Aku akhirnya ngikut nimbrung sama satu kelompok yang berdiri agak jauh dari keriumunan. Aku Tanya mereka, kenapa mereka enggk ada yang ngikut baris untuk screening itu. mereka mau nungguin temen temennya yang belum dating katanya. Aku dengan kecuekanku ngikut baris aja di sepanjang orang nimbrung enggak jelas gitu. Dipikiranku Cuma ada satu tujuan. 

Datang

Kerjakan

Lupakan

Setelah aku nyungsep nyungsep di dalam barisan gitu, akhirnya aku bisa masuk ke dalam gedung syariah untuk pertama kalinya dengan menyandang status mahasiswi wkwkwk. Aku disuruh mengisi formulir dan temen temenku juga. Aku ngajak kenalanku naek ke atas itu di lantai tiga. Setelah sampai di lantai tiga itu, aku disuruh masuk ke dalam kelas dan disana sudah ditunggu oleh mentor pendamping atau screenernya bisa disebut begitu. Dan per 1 screener itu memegang kurang lebih 10 mahasiswa/i. untuk formalitas saja, aku dan kawan kawan memperkenalkan diri. Kemudian sampailah kami pada acara inti yaitu screening yang sebenarnya.

Aku masih ingat, nama screenernya itu kak Hidayat dia dari fakultas syariah jurusan Hukum Keluarga sekarang kayaknya beliau semester 10. Dan setelah satu tahun aku ngampus di IAIN,aku baru tahu ternyata dia satu organisasi denganku wkwkwk. Jadi, ada yang Tanya sebenarnya screening itu apa? 

Dan kakaknya jawab “Screening adalah salah satu dari sekian serangkaian prosek OPAK di IAIN dengan tujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana pengetahuanmu tentang Indonesia, Kampus, Budaya Jawa, dsb..” aku manggut manggut sok paham padahal sebenernya kagak wkwkwk.

Aku pribadi tertarik dengan hal hal seperti ini, selain nambah pengetahuan juga nambah kepercayaan diriku sebagai mahasiswa baru. Inget tragedy ’98? Dimana aksi itu dipelopori oleh mahasiswa sehingga bisa menggulingkan pemerintahan Suharto? Jadi, sebenarnya posisi kita sebagai mahasiswa atau the agent of social change itu krusial banget entah di masyarakat di desa atau tingkatan nasional. Sebegitu besarnya peran mahasiswa di dalam kancah politik Indonesia sehingga bisa mempengaruhi pemerintahan Indonesia waktu itu juga begitu. Waaah, setelah aku tahu bahwa menjadi mahasiswa bukan sekedar slogan tok, jadi tambah semangat menjalani aktivitas setelahnya. Salah satu tujuan screening itu juga untuk mengukuhkan posisi kita sebagai the agent of social change itu. 

Kak Riyan Hidayat tadi membuat forum seperti diskusi kecil kecilan, dan diantara kita disunahkan untuk menjawab, tidak wajib. Padahal dalam kelompok lain itu, setiap mahasiswa diwajibkan untuk menjawab pertanyaan yang dilemparkan screener. Tapi kalau kelompok kami tidak. Dari sekian banyak pertanyaan yang dilemparkan oleh screener, sampai sekarang satu pertanyaan saja yang masih saya ingat.

“Bagaimana pandangan islam tentang pemimpin non muslim sertakan opini kalian?”

Kira-kira seperti itulah pertanyaannya ya. Aku sama teman teman itu speechless. Belum ada satupun yang angkat bicara, hingga kemudian aku ngomong yang aku tahu saja. Aku memegang prinsip “Nek Wani ojo wedi wedi. Nek wedi ojo wani wani.” Pernah denger? Itu ungkapan dari ayahande bapak Jokowi. 

Yaa, aku memberanikan diri untuk menjawab pertanyaan tersebut, karena dari sekian banyak pertanyaan yang dilontarkan hanya beberapa saja yang menyinggung relasi tentang islam dan keindonesiaan. Yang lainnya tentang konten konten islam yang aku enggak begitu paham itu apa. Karena aku juga dari latar belakang sekolah umum. Jadi, mumpung topiknya sedikit aku mengerti,aku memberanikan diri untuk menjawab

“Kalau menurut saya pribadi. Tidak masalah jika pemimpinnya Indonesia itu non muslim yang penting jiwa dan baktinya itu diberikan untuk kepentingan masyarakat umum dan sesuai dengan aturan aturan bernegara serta selalu berpegang teguh pada pancasila dan UUD 1945. Kakak pasti tahulah, dan enggak Cuma kakak aja, semua masyarakat Indonesia tahu, Negara ini bukan Negara islam. Walaupun mayoritas masyarakatnya islam, bukan berarti kita memunafikkan agama lain yang minoritas.(seketika aku teringat pak Ahok).” Kurang lebih jawabanku seperti itu. kak Riyan Hidayat Cuma senyum sekilas dan mempersilahkan teman teman lain untuk menyanggah.

Lantas beberapa detik setelahnya, teman kenalanku ada yang menyanggah ucapanku tadi. 

“Pemimpinnya islam itu harus islam juga telah dijelaskan dalam Al-Qur’an ayat dan surat ….(aku lupa). Diwajibkan bagi kamu untuk memilih pemimpin islam…(aku enggak begitu ingat dia bilang apa)…..blablabla” banyak banget dia jelasin, tapi aku enggak begitu paham apa yang dia bicarakan. Pengetahuanku tentang islam dan tafsiran Al’Qur’an itu bener-bener nol besar. Setelah dia bicara panjang lebar, aku tahu kalau latar belakang sekolahnya adalah Madrasah Aliyah, jadi dia sudah nggak asing dengan hal seperti itu.

Hanya dua orang tadi yang menjawab pertanyaan screener. Temen temen yang lain Cuma menyatakan setuju dengan pendapat yang satu dengan yang lain. Hampir tidak mempunyai opini pribadi, mereka hanya menguatkan saja. Kemudian kak Riyan menengahi kami dengan mengatakan

“Gus Dur itu adalah orang yang mempunyai toleransi sangat besar. Beliaulah yang mengesahkan hari raya Konghucu menjadi hari cuti nasional. Walaupun beliau orang islam NU tapi jiwa beliau masih menghargai agama lain, bukan menolak mereka mentah mentah. (intinya begitu, dan aku lupa dia ngomong apa lagi. Wajar sudah hampir setahun berlalu nanti agustus)”

Aku hanya mengiyakan dalam hati dan mengambil satu kesimpulan besar. “Jadilah orang Indonesia jika kau lahir, hidup dan tinggal di Indonesia.” kemudian kami selesai melakukan screening dan pulang ke kediaman masing-masing. Tak lupa kami membawa sertifikat screening yang dinanti nantikan untuk mengambil fasilitas OPAK keesokan hari lagi. 

Anak yang menyanggah ucapanku tadi ternyata satu jurusan denganku yaitu Pendidikan Bahasa Inggris, kelas C. sedangkan aku PBI juga tapi kelas B. aku senang mendapat teman seperti dia, sepertinya dia anak yang punya banyak pengalaman. Kupikir, aku bisa mendapat banyak pengalaman juga dari dia. 

………………………………………………………………………………………………………

Screening itu asyik kok. Semoga screening tahun ini lebih diperbanyak materinya shingga selain  kita banyak belajar, kita tahu banyak hal baru juga. Oo iya, anak yang tadi itu namanya Afi. Sekarang dia ikut UKM UKMI dalam kampus, ekstranya aku enggak tahu. Kalau aku, pernah ngikut LSO MSC (Moslem Smart Club) tapi kemudian keluar karena alasan pribadi, dan ekstranya aku memilih organisasi moderat yaitu PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia).

#jangan pernah jadi mahasiswa/I kupu kupu mati (kuliah pulang, kuliah pulang, makan tidur) jadilah mahasiswa yang mahasiswa! Gunakan waktu sebaik mungkin untuk menggali informasi apapun. Jangan pernah berhenti belajar. Sering seringlah mengikuti forum diskusi dan membaca buku! Hanya dengan begitu kamu dapat dikatakan mahasiswa sejati! Semangat!

No comments:

Post a Comment